Kota Tomohon Segera Miliki Hotel Berbintang

TOMOHON, fokussulut.com – Banyaknya destinasi wisata yang dimiliki Kota Tomohon belum lengkap rasanya jika tanpa kehadiran tempat inap yang memadai. Wisatawan mancanegara (wisman) yang hendak berlama-lama menikmati keindahan di Kota Sejuk ini mau tak mau harus menginap di luar Kota Tomohon akibat terbatasnya penginapan yang tersedia.

Tempat inap di Kota Tomohon kebanyakan berada di wilayah Kecamatan Tomohon Utara. Itupun masih sebatas cottage dengan jumlah kamar yang begitu minim. Kondisi ini jelas tidak bisa mengantisipasi tamu yang datang dalam jumlah yang banyak atau rombongan, seperti yang lazim terjadi bagi wisman asal Tiongkok.

Tak heran jika arus kunjungan wisman asal Tiongkok tersebut hanya dapat dinikmati daerah lain di luar Kota Tomohon. Kota ini jelas tidak mendapat kontribusi positif yang disumbangkan untuk Pendapatan Asli Daerah dari sektor hunian.

Namun demikian, kebutuhan tersebut belakangan mulai menemui jawabannya. Satu per satu investor mulai tertarik melirik potensi kebutuhan hunian di Kota Tomohon. Sejumlah hotel berbintang pun kini mulai dibangun, meski masih terpusat di bagian utara Tomohon.

Ada satu hotel yang sementara dibangun sejak tahun 2016 di Kelurahan Kakaskasen Satu, atau tepatnya di jalan lingkar Barat. Kini, hotel dengan kapasitas di atas 100 kamar tersebut sedang tahap pematangan pembangunan atau prakonstruksi.

Selain itu juga akan dibangun hotel yang berlokasi di wilayah Kelurahan Kakaskasen, di jalan lingkar timur Tomohon.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tomohon Oktavianus Mandagi mengatakan, seorang pengembang beberapa waktu telah memaparkan rencana pembangunan hotel berkelas internasional.

“Mereka (investor, red) sudah memaparkan kepada kami soal pembangunan hotel itu. Saat ini mereka sementara menyiapkan dokumen-dokumen, salah satunya dokumen lingkungan yang merupakan syarat utama,” paparnya, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, pembangunan hotel di wilayah Kelurahan Kakaskasen atau di jalan lingkar timur dipastikan bakal dimulai akhir tahun 2017. Pembangunannya, lanjutnya, direncanakan akan rampung pada 2019 mendatang.

“Untuk hotel di wilayah Kelurahan Kakaskasen Satu sudah sementara dibangun dan sudah mengantongi izin lingkungan. Tapi untuk yang baru akan dibangun, perizinannya masih dalam proses,” tandasnya.

 

Facebook Comments